Pages

Jumat, 02 November 2012

Cara Mempartisi Kartu Memori untuk Android



Kartu memori di ponsel android selalu jadi menu wajib. Selain dapat menyimpan beragam data seperti foto, video, music dan dokumen, kartu memori juga bias berfungsi sebagai penyimpan aplikasi dan games. Semenjak dikeluarkannya versi Android Froypo, ponsel Android kini memiliki kemampuan untuk memindahkan aplikasi dan game yang ada di sistem ke dalam kartu memori.
Namun kendalanya, kecepatan akses data maupun aplikasi games akan berkurang seiring dengan semakin sempitnya ruang di kartu memori. Sekarang ada cara untuk mempartisi kartu memori untuk ponsel Android. Pada prinsipnya, partisi dikartu Android dibagi menjadi beberapa file system, yaitu FAT32, Ext2, Ext3, dan Ext4.
Untuk mempartisi kartu memori tersebut Anda hanya membutuhkan card reader atau ponsel android, computer berbasis Windows dan software Minitool Partition Wizard dapat diunduh gratis di http://www.partitionwizard.com/free-partition-manager.html.
Dan berikut adalah langkah-langkahnya :
1.    Backup terlebih dahulu isi dari kartu memori ke komputer atau laptop Anda dengan menggunakan kabel data yang dihubungkan langsung ke ponsel android Anda atau card reader.
2.    Format kartu memori dan install software Minitool Partition Wizard.
3.    Hubungkan card reader atau ponsel yang telah berisi kartu memori.
4.    Buka dan jalankan Minitool Partition Wizard dan kartu memori akan tampak dibawah menu Disk 2. Lalu klik Delete Partition supaya File System FAT32 ini bias terhapus terlebih dahulu partisinya kemudian klik Apply maka File System kartu memori akan menjadi unallocated .










5.    Selanjutnya klik Create untuk membuat partisi baru, berhubung saya menggunakan memori 8GB maka saya akan membuat partisi, Ext4 1GB bertipe PRIMARY untuk menampung aplikasi-aplikasi yang diinstall, lalu Ext2 500MB bertipe PRIMARY ini juga sama fungsinya dengan Ext4, ketiga buat partisi Linux Swap 336MB untuk membantu kinerja RAM biasanya Linux Swap dibuat dengan ukuran 2x lebih besar dari kapasitas RAM ponsel semula dan terakihr partisi FAT32 sebesar 5.70GB dengan tipe PRIMARY. Terakhir klik Apply.

1 komentar:

Selamat Datang Blogger